Tips Menyenangkan Berlibur Tanpa Teman

tips berlibur tanpa teman

Umumnya, traveling dilakukan beramai – rami dengan keluarga, sahabat, maupun rekan kerja. Namun tak sedikit juga yang lebih menikmati suasana traveling yang dilakukan sendiri. Sering, traveling dilakukan seorang diri karena si pelaku traveling memang menginginkan suasan yang lebih tenang dan baru. Banyak dari para traveler yang ingin menantang diri mereka dengan melakukan perjalanan ke tempat – tempat baru yang sama sekali belum mereka kenal dan belum pernah mereka kunjungi. Alasan lainnya juga antara lain, dengan bepergian sendiri, mereka akan dapat benar – benar melupakan sejenak kesibukan, tekanan – tekanan serta masalah yang mereka hadapi sehari – hari. Untuk menjalani traveling sendiri yang aman dan nyaman, berikut beberapa tips berlibur tanpa teman dari Happy Car :

  1. Lakukan research (penelitian) terhadap lokasi tujuan

Sebelum berlibur atau traveling tentu saja langkah awal adalah menentukan destinasi wisata. Ketika anda memutuskan untuk mendatangi lokasi yang sama sekali tidak anda kenal,ada baiknya anda kumpulkan terlebih dahulu informasi sebanyaknya- banyaknya. Informasi yang harus dikumpulkan antara lain adalah  harga tiket masuk tempat wisata, apa wisata apa saja yang ada disana, budaya daerah tempat wisata, transportasi serta penginapan.tak kalah penting juga untuk mencari informasi tentang kemungkinan kejahatan yang sering terjadi di daerah tempat wisata tersebut.

  • Untuk apa anda berlibur solo?

Hal penting lain untuk diketahui adalah alasan mengapa anda ingin berlibur sendirian? Ingin mendapat pengalaman baru? atau Menikmati waktu ‘sendiri’? dengan mengetahui alasan diri anda memilih bepergian sendirian, akan menjadikan perjalanan anda lebih menyenangkan tanpa takut kesepian.

  • Rencanakan anggaran dana

Dana merupakan satu faktor penting dalam suatu perjalanan liburan. Berlibur solo juga berarti membutuhkan dana yang lebih besar. Saat anda memutuskan untuk berlibur solo, itu berarti anda harus menyiapkan dana untuk penginapan sendiri, transportasi sendiri karena tidak ada teman untuk diajak berbagi. Maka sebaiknya buatlah anggaran secermat mungkin, rajinlah mencari informasi hotel atau penginapan termurah yang ada.Akan ada baiknya juga jika anda persiapkan dana ‘pertolongan’ atau dana simpanan yang dapat di gunakan kapanpun dan dimanapun,karena anda berlibur sendirian tanpa ada orang lain yang mungkin akan menolong anda.

  • Ikuti komunitas online traveler dan backpacker

Mengikuti berbagai komunitas online khusus traveller dan backpacker akan sangat membantu anda dalam merencanakan perjalanan solo anda. Komunitas itu adalahah tempat diskusi dan berbagi pengalaman. Sehingga anda dapat mengumpulkan banyak informasi dari para traveller yang sudah berpengalaman ke berbagai tempat. Atau mungkin juga anda dapat menemukan kawan baru yang ingin berlibur ke tempat yang sama dengan anda.

  • Selalu waspada

Karena anda adalah penolong untuk diri anda, maka anda harus selalu waspada terhadap kemanan anda. Pastikan diri anda selalu aman dari berbagai kemungkinan – kemungkinan buruk. Pastikan barang anda tersimpan dengan aman. Simpanlah nomor penting seperti nomor kepolisian setempat,rumah sakit, dan sebagainya. Dan pastikan untuk tidak mudah mengapload segala kegiatan anda selama bepergian.

  • Percaya Diri

Buat penampilan anda terlihat sangat percaya diri yang tinggi saat anda berjalan sendirian dalam berwisata. Karena wisatan yang bingung akan menjadi sasaran empuk tindak kejahatan. Jika tersesat, usahakan tetap tenangdan segera cek peta dengan masuk ke salah satu kedai atau toko terdekat di sekitar anda dan bertanya pada pemilik kedai atau toko.

Demikian beberapa tips penting dalam solo traveling. Sebelum melakukan perjalanan solo sebaiknya persiapkan diri dengan baik dan rencana yang matang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *